Tips Menjaga Kolesterol Agar Tetap Stabil


SAAT Lebaran, Anda dan keluarga akan mencicipi banyak makanan yang sarat dengan kolesterol. Lalu, bagaimana cara Anda menjaga agar kolesterol tetap stabil?

1. Rutin mengetahui kadar kolesterol. Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total seseorang berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah angka 130 dan HDL berada di atas angka 40.

2. Menjaga keseimbangan berat badan. Mengurangi berat badan yang berlebih merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.

3. Lakukan diet. Konsumsi makanan yang rendah lemak dan minim kolesterol. Misalnya dengan mengonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh.

4. Aktivitas fisik rutin. Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolahraga secara rutin. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan saja bahwa kita berolahraga 30 menit setiap hari dan lima hari dalam seminggu.

5. Berkenalan dengan lemak baik. Jika telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, biasanya disarankan agar Anda menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya Anda mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, alpukat, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan.

6. Konsumsi makanan berserat. Lebih banyak mengonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacangkacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

7. Mengonsumsi multivitamin. Sekalipun telah mengonsumsi makanan yang sehat, tetap saja ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi multivitamin.

8. Tangkal radikal bebas. Misalnya dengan mengonsumsi antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah untuk mencegah terdepositnya lemak di pembuluh darah. Konsumsilah buah dan sayur 5–9 porsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal.

9. Olah makanan dengan tepat. Meski makanan yang dipilih sudah berkolesterol rendah, kalau dimasak dengan minyak yang mengandung minyak jenuh, tetap saja makanan itu mengandung kolesterol tinggi.

sumber : http://www.exelroze.info/2011/08/tips-menjaga-kolesterol-agar-tetap.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s