Kentut aja ilmiyah…..

KENTUT aja ilmiah….

 

Hi every let check out this important issue. 🙂 🙂 🙂

Asli penjelasan ilmiahnya bikin pengen ketawa ampe terkentut
kentut..ha..ha..

kentut sering dijauhi, kentut sering dihina, kentut sering dianggap
anak haram karena kadang nggak diketahui siapa yang melahirkannya ke dunia
ini, mari kita liat masa lalu kentut…kasian mereka…

Dari mana asal kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita
telan, yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia & gas dari
bakteri dalam perut.

Apa komposisi kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar
nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum
sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut &
cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana &
hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa
banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan
kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena
gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang
makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena
tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen. (Makanya jangan suka nahan
kentut).

Kenapa kentut berbau busuk ?

Pake nanya lagi
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua
senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur
dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri
dalam perut, & makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peran besar
dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam
memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

Kenapa kentut menimbulkan bunyi ?

Bikin ngakak, tapi baca deh
penjelasan ilmiahnya di bawah…. Karena adanya vibrasi lubang anus
saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. (Dan
diameter lubang anus anda, hi..hi….) <=== Gw bilang jg apa , jd kalo dah
pada longgar tuh lubang anus..loe bayangin ndiri deh bunyinya ky apa? asli
gw ngakak sendiri

Kenapa kentut yang busuk itu hangat & tidak bersuara ? duh…gak
kuat nih!!
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri & proses
pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran
gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme bakteri
yg berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya,
tapi SBD (Silent But Deadly = Sunyi Tapi Mematikan ).

Berapa banyak kentut diproduksi sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur ?
Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan
perjalanan ke atas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya
ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus
menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk
gas-nya untuk bergerak ke awasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar
anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung
jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan
menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit
& berbeit-belit. (Bayangkan kalo kentut keluar dari lubang hidung). <== Ada2
aja nih ye

Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan
kehidung orang lain?

Gokiiiiiiiiiiiiiiil llllllllllLLLL
….hahhahahahah ahaha
Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu,kecepatan & arah
angin, berat molekul gas kentut, jarak antara ‘transmitter’ dengan
‘receiver’. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar
konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa
detik, berarti mengalami pengenceran di udara & hilang ditelan udara
selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di ruang sempit, seperti lift,
mobil, konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu
lama sampai akhirnya diserap dinding.

Apakah setiap orang kentut ?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah meninggalpun orang
masih bisa kentut. (Makanya gak usah malu kalo sering kentut)

Saat apa biasanya orang kentut ?
Pagi hari di toilet. yang disebut “morning thunder”. Kalau
resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.

Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut ?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh.
Gula tsb (raffinose, stachiose, erbascose) jika mencapai usus, bakteri di
usus langsung berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis,
kembang kol, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya!).

Selain makanan, apa saja penyebab kentut ?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum
soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga
gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut).

Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang ?
Tidak… sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan
kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang
Diproduksi oleh bakteri lebih banyak.

Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak dikeluarkan ?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor..Tapi bermigrasi
ke bagian atas menuju usus & pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan
lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

Mungkinkah kentut terbakar ?
Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas
alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyala-nya berwarna biru
karena kandungan unsur hidrogen. (Kalo naik gunung, lupa bawa korek api tapi
mau masak indomie, pakai aja kentut buat nyalain kompor)

Bisakah menyalakan korek api dengan kentut ?

Ngaco!!
Jangan mengada-ada. .. konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup
panas untuk memulai pembakaran.

Mengapa kentut anjing & kucing lebih busuk ?
Karena anjing & kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging
kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut
binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah,
yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi
relatif tidak berbau. (Makanya lebih baik pelihara gajah di rumah daripada
anjing).

Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?
Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami
pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak. (Makanya yang punya hobi
cium bau kentut, sebaiknya dikurangin) <=== Trus kalo lagi pengen teler tp
lagi bokek, nah… nikmatin deh kentut ndiri!!

Apakah warna kentut ?

Penting gak sih nih? Hehehe…
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida,
akan ketahuan siapa yang kentut.

Kentut itu apakah asam, basa atau netral ?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida
(H2S).

Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet Venus ?
Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur(belerang) di lapisan
udaranya, jadi kentut di sanapun tidak ada pengaruhnya.

By : Asep Sumarno <asep.sumarno@muliagroup.co.id>

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s